Pulau Pramuka dan Pulau Karya, Kepulauan Seribu

Gugusan kepulauan seribu merupakan salah satu tempat untuk menghabiskan akhir pekan yang bisa kita lakukan bersama teman ataupun keluarga. Akses kesana pun terbilang mudah untuk dijangkau khususnya dari Jakarta. Cukup menaiki kapal dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta ke Pelabuhan yang berada di beberapa pulau Utama seperti Pulau Tidung dan Pulau Pramuka.

Saya dan beberapa orang Teman, Winny, Hery dan Nurul berangkat sabtu pagi dari Jakarta menuju ke Pulau Pramuka. Cukup membayar Rp.30.000 perorang untuk satu kali perjalanan menggunakan Kapal menuju langsung ke tujuan. Kali ini tujuan berlibur kami bukan ke Pulau Tidung, Tapi ke Pulau Pramuka dan beberapa Pulau kecil Lainnya yang bisa dijangkau dari Pulau Pramuka.

Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 11

Perjalanan ditempuh lebih kurang lebih selama 4 Jam. Selama perjalanan, kita akan diombang-ambing oleh ombak lautan yang lumayan keras. Saya pribadi hampir muntah karena perut saya terasa kurang enak akibat goncangan kapal yang lumayan kencang kesana-kemari. Syukurlah, Kapal merapat ke Pelabuhan di Pulau Pramuka sebelum saya mengeluarkan sebagian isi perut saya. Hehehheheh, tapi kepala saya masih terasa berat dan sedikit pusing.

Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 03Gambar. Berfoto didepan Gapura Pulau Pramuka

Hari Pertama di Pulau Seribu

Kami pergi tanpa rencana yang pasti sehingga sedikit bingung untuk melanjutkan perjalanan. Namun Hery a.k.a Bolang memiliki segudang rencana yang terbilang matang untuk melakukan perjalanan. Bukan Bolang namanya klo tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya ketika melakukan perjalanan. Yap, Makan. Hahahhahahah.

Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 04Gambar. Sambil Nunggu Makanan Datang, Berfoto Dulu. Jeprett!!

Setelah makan, kami berempat bergegas mencari penginapan sebelum hari semakin siang, badan sudah mulai lelah karena memanggul beban di punggung. Ada beberapa Opsi yang kami buat untuk menetap di salah satu Pulau Seribu ini. Opsi yang pertama, mencri penginapan murah, yang kedua mendirikan tenda di Pulau Pramuka dan yang terakhir, melanjutkan perjalanan ke pulau selanjutnya dan mendirikan tenda disana.

Setelah berkeliling di Pulau Pramuka, akhirnya kami mendapatkan Home Stay dengan harga yang terbilang terjangkau, Rp. 200.000,- . Tempat yang terbilang cukup luas terdiri dari Ruang Nonton, Sebuah Kamar, Ruang Belakang dan Kamar Mandi. Lumayan murah.

Perut sudah diisi, barang-barang sudah ada tempat untuk diletakan. Selanjutnya, menikmati liburan di Kepulauan Seribu. Tujuan Bolang dan Nurul untuk berlibur di Kepulauan Seribu sangat jelas, yakni untuk Snorkling. Hal ini terlihat dari persiapan mereka yang begitu matang, mereka telah membawa peralatan Snorkling Lengakap untuk mereka berdua. Sedangkan Saya dan Winny, hanya ingin berlibur dari penatnya rutinitas di Jakarta.

Tapi rencana untuk snorkeling sebenarnya tidak terlalu buruk, jadilah kami beremapat untuk bersnorkling ria di Pulau Seribu ini. Kami mencari tempat penyewaan peralatan snorkeling di Pulau Pramuka, akhirnya dapat dua Set peralatan Snorkling dengan harga sewa perhari Rp.35.000,-.

Tapi kami belum tahu dimana Spot yang bagus untuk Snorkling disini. Tapi sekali lagi, Bukan Bolang namanya klo tidak bisa mendapatkan tempat yang bagus. Yap, Pulau Karya. Pulau Karya merupakan salah satu pulau yang masih masuk gugusan kepulauan Seribu. Pulau ini tidak terlalu jauh, karena bisa ditempuh kurang dari 15 menit dari pulau pramuka dengan menggunakan “OJEK”.  Yap Ojek, Ojek adalah sebutan untuk perahu kecil yang digunakan sebagai alat transportasi antar pulau di Kepulauan Seribu. Cukup dengan membayar Rp.3.000,- kami sudah diantarkan langsung ke Pulau Karya.

Snorkling.

Winny sebenarnya kurang begitu senang snorkeling. Tampaknya dia berkeinginan berjalan mengelilingi pulau dengan menggunakan Sepeda. Tapi kami sudah puas mengelilingi Pulau Pramuka tadi. Jadilah ia ikut bersama Hery untuk Snorkling. Selain itu, dia juga kurang pandai snorkeling, termasuk saya. Tapi tetap sebelum mulai snorkeling, Bukan Winny namanya jika tidak mendokumentasikan dirinya dimanapun ia berada. Hahahahha. Dasar Narsis.

Jujur, perairan di Kepulauan seribu ini masih terbilang bagus dibandingkan dengan laut Jakarta yang begitu coklat. Namun sayang terumbu karangnya kurang bagus dan ikan-ikannya juga kurang beraneka ragam. Namun itulah kondisi yang ada saat ini. Memang tidak bisa dibandingkan dangan Kupang dan Pulau-Pulau lainnya di NTT. Kupang memang surge petualang.

Karena memang tidak pandai snorkeling, akhirnya Winny menyerah dan kembali ke daratan tentunya saya juga menemaninya. hehhehehe. Ketika didaratan, iya malah menghabiskan waktunya dengan bermain pasir. Dasar Dabooo. Tapi belum lengkap klo tidak berfoto. Hehehhehe, Memang Ratu Narsis.

Hampir 3 jam lebih kami berada di Pulau Pramuka. Hery dan Nurul juga telah bergabung dengan kami di daratan dan menikmati beberapa cemilan dan panorama alam dari Pulau Pramuka. Yang unik disni, Terdapat beberapa burung Bangau yang sedang menangkap ikan di Pesisir Pantai. Indah sekali. Terbilang langkah menurut saya pribadi.

Makan Malam diatas Laut, Nusa Resto

Setelah puas dengan acara snorkeling dan bermain pasir di Pulau Karya. Kami berempat berencana pulang ke Pulau Pramuka. Namun Winny mengajak kami untuk makan terlebih dahulu. Tadi diperjalanan menuju ke Pulau Karya, kami melihat terdapat sebuah Resto diatas Laut, NUSA RESTO. Jadilah kami menuju kesana setelah bersenang-senang di Pulau Karya.

Makan Malam di atas Laut sambil memandang kea rah matahari terbenam. WOW, sungguh pengalaman yang terbilang luar biasa. Meskipun Matahari Sore itu sedikit terhalang langit yang mendung.

Makanan yang tersedia di Nusa Resto diramaikan oleh Hidangan Sea Food. Langsung dari penakaran ikan yang terdapat disana.

Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 06Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 07Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 08Gambar. Aneka Hidangan Laut ala Nusa Resto

Puasssss……..Meskipun harga yang dipatok terbilang mahal namun setara dengan yang kami dapatkan disana.

Hari Kedua di Pulau Seribu

Di hari kedua ini, Hery dan Nurul kembali berencana untuk melakukan snorkeling di spot lainnya (Entah kemana mereka berdua pergi). Namun kali ini Winny punya rencana lain untuk liburannya. Keliling Pulau Pramuka dan mengambil beberapa Foto (Red. Beberapa Foto bagi Winny terbilang Banyak, Ratusan…Tidak-tidak Ribuan. Foto yang didominasi oleh Wajahnya.hehehhehe).

Saya dan Winny berkeliling di Pulau Pramuka. Mencari lokasi yang bagus untuk diambil gambarnya. Ada tembok penahan ombak yang terbilang cukup bagus lokasinya untuk diambil gambar. Jepret sana jepret sini, lumayan gambar yang kami dapat. Selanjutnya kami berkeliling kesisi lainnya dari Pulau Pramuka, Hutan Bakau. Sebuah tempat yang digunakan untuk pelestarian Hutan Bakau yang bermamfaat guna melindungi pesisir pantai dari Pulau Pramuka. Nica Place, jepret.

Setelah Puas mengambil foto, Kami mencari makanan untuk megis perut yang mulai lapar. Setelah itu Winny mengajak untuk mencari sebuah souvenir guna dibawa ke Jakarta sebagai koleksi perjalanannya. Sebuah Asbak kaca berbentuk penyu dengan maket kehidupan laut didalamnya. Cantik.

Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 09Gambar. Asbak Kaca Berbentuk Penyu

Jam 1.00 waktu setempat, dua buah kapal menuju Jakarta sudah merapat di Pulau Pramuka. waktunya kami pulang.

Liburan-ke-pulau-pramuka-pulau-seribu 10Gambar. Winny, Hery dan Nurul. Lets We Go Home!!

12 responses to “Pulau Pramuka dan Pulau Karya, Kepulauan Seribu

1. kok malah ceritanya aku ahahahahha dasar dabooo..
    bwt seru jg sih perjalanan kita,,🙂

2. Waaaah, asyik banget tempatnya. Kapan ya daku bisa kesana😦

3. kyknya seru ya liburan di pulau…

4. Halo..
    Boleh minta biodata lengkap ke vinda.prashita@viva.co.id untuk data lomba Enjoy Jakarta.

Terimakasih

Ayo Berikan Komentar Terbaik Anda Untuk Artikel Yang Saya Buat Ini!!!