Penerapan e-Learning di Indonesia

Internet saat ini sudah sangat mudah dijangkau oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai kalangan termasuk para pelajar untuk mengakses dan mendapatkan informasi dalam bentuk elektronik. Apalagi teknologi yang digunakan pun semakin fleksibel seperti kemunculan smartphone yang dalam beberapa tahun terakhir ini ikut berperan dalam mengubah gaya hidup masyarakat dalam mendapatkan informasi
Untuk sebuah contoh sederhana yang bisa saya berikan adalah ketika seorang ibu yang ingin membuat masakan untuk suaminya, maka cukup dengan menggunakan smartphone ditangannya dan akses internet maka ia sudah bisa mencari beragam resep makanan di internet untuk membuat masakan buat anak dan suaminya.

Internet dan Smartphone

Akses Internet Menggunakan Smartphone

Hal inilah yang seharusnya dilihat oleh tenaga pendidik khususnya guru dalam hal ini untuk ikut memamfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi guna menunjang sistem pendidikan yang ada saat ini. Sistem pendidikan yang memamfaatkan media berupa teknologi informasi dan komunikasi seperti ini disebut sebagai e-Learning (Elektronic Learning). e-Learning sendiri sebenarnya sudah sangat lama diaplikasikan di dunia pendidikan, pertama kali diberlakukan di Universitas Ilinois dengan menggunakan sistem instruksi berbasis computer (computer-assisted instruction) dengan sebuah computer yang bernama PLATO. [sumber Wikipedia]

Di Indonesia sendiri, sistem pendidikan berbasis e-Learning sudah umum ditemukan di tingkat perguruan tinggi. Materi kuliah yang disampaikan oleh dosen dan tenaga pengajar sudah dalam format elektronik (e-Book) dan disampaikan di perkuliahan dalam bentuk presentasi. Mahasiswa tidak diharuskan untuk mencatat materi yang diberikan tetapi cukup mendengarkan penjelasan-penjelasan lisan yang diberikan oleh dosen dan selanjutnya menyalin e-Book tersebut dari dosen yang bersangkutan ataupun mengunduh dari internet.

e-Book salah satu produk e-Learning

e-Book salah satu produk e-Learning

Gambar diatas merupakan sebuah contoh e-Book hasil buah karya tulisan saya sendiri ketika masih duduk di bangku kuliah. Saat itu saya aktif menulis dan membagikan sedikit ilmu saya dalam bentuk e-Book sehingga bermamfaat buat teman-teman saya dan sekitar. Bisa dilihat disini.

Di tingkat sekolah menengah, sistem pendidikan berbasis e-Learning masih terbilang kurang optimal dimamfaatkan oleh guru dan siswa. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi kendala dalam penerapan sistem pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau e-Learning. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah sumber daya manusia (SDM) yang masih minim pengetahuan dalam bidang IT, insfrastruktur yang masih belum memadai di sekolah-sekolah, dan dukungan beragam pihak.

e-Learning untuk Guru dan Murid

e-Learning untuk Guru dan Murid

Untuk mengatasi kendala-kendala yang menjadi penghambat penerapan e-Learning di tingkat sekolah menengah tidak lepas dari peran dan dukungan beragam pihak. Sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini guru sebagai tenaga pendidik perlu mendapatkan pelatihan dalam bidang IT sehingga menguasai teknologi informasi dan komunikasi digital dan penerapannya. Masalah infrastruktur bukanlah menjadi kendala utama dalam penerapan sistem pendidikan berbasis e-Learning dikarenakan saat ini kemajuan teknologi semakin memudahkan akses beragam konten digital seperti e-book dan lainnya. Tinggal yang perlu diperhatikan dan dikembangkan adalah kreatifitas guru dalam penyampaian materi-materi yang bersifat e-Learning.

Siswa pun dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting dalam penerapan sistem pendidikan yang berbasis e-Learning karena siswa merupakan subjek utama dalam pendidikan itu sendiri. Siswa akan dituntut lebih proaktif dan kreatif dalam mengikuti proses belajar dan mengajar yang berbasis e-Learning. Peranan guru akan semakin berkurang khususnya dalam hal pengawasan terhadap kemajuan prestasi siswa itu sendiri, jangan sampai terdapat siswa yang tidak up to date terhadap materi yang telah disajikan oleh guru dan membuat prestasi siswa malah anjlok. Antara guru dan murid harus tetap terjalin komunikasi, baik itu di sekolah ataupun diluar lingkungan sekolah itu sendiri, baik itu secara langsung ataupun melalui media komunikasi digital seperti email, sms dan sebagainya.

Untuk mendukung penerapan sistem pendidikan berbasis e-Learning, baik guru dan murid dapat memamfaatkan social media seperti Facebook, Twitter, Blog dan sebagainya dalam aktivitas belajar dan mengajar. Social media saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia secara luas sehingga wajar jika peranan social media dalam penyampaian informasi sangat penting termasuk penyampaian materi tentang pelajaran tertentu dari guru ke murid.

blogging

Blog salah satu media e-Learning

Penerapan e-Learning dalam sistem pendidikan juga diharapkan dapat meningkatkan minat guru dan murid dalam bidang tulis menulis. Hal ini disebabkan tidak lain adalah dalam hal penyampaian beragam materi tentang pelajaran, guru diharuskan menyalin beragam materi dalam bentuk elektronik (e-Book) ataupun materi presentasi (Power Poin). Selain itu, guru juga bisa memamfaatkan media Blog seperti blogspot, wordpress dan lainnya untuk penyampaian materi pelajaran. Muridpun dapat memamfaatkan media yang sama untuk membuat beragam catatan tentang mata pelajaran mereka menggunakan media blog atau semacamnya. Dengan meningkatnya minat guru dan murid dalam bidang tulis menulis diharapkan adanya peningkatan prestasi dari kedua pihak khususnya dalam menghasilkan karya tulis ilmiah dalam bidang pendidikan.

e-journal

e-Journal, Salah satu produk e-Learning

Dan karya tulis tersebut bisa dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah disitus-situs e-Journal.  Tentunya hal ini akan meberikan mamfaat yang luas tidak hanya bagi guru ataupun murid tetapi juga lebih luas lagi khususnya bagi pendidikan di Indonesia. Pasti akan menjadikan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia jika jurnal dan karya ilmiah orang Indonesia dipublikasikan secara luas dan menjadi rujukan dunia. Indonesia Berprestasi, Bisa!!!

Indonesia Bisa

Indonesia Bisa

4 responses to “Penerapan e-Learning di Indonesia

  1. idenya mantap banget dan mudah diaplikasikan, memang zaman sekarang semuanya udah teknologi begitu juga pengetahuan.Hanya dengan ebook di android maka sudah bisa mendapatkan wawawasan! Nice posting gan! Salut dengan ide tulisannya

Ayo Berikan Komentar Terbaik Anda Untuk Artikel Yang Saya Buat Ini!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s