Hey Kamu, Bawalah Sampahmu Pulang!!!

Saya bukanlah anggota pencinta alam, saya juga bukan aktivis lingkungan hidup. Saya hanya seorang wisatawan dan seorang blogger pemula. Kadang saya melakukan perjalanan wisata dan menuliskan pengalaman perjalanan saya dalam blog pribadi saya. Hanya untuk berbagi dengan semua orang dan menunjukan betapa indahnya alam nusantara.

Melalui foto dan tulisan, saya ingin berbagi dan menunjukan ke semua orang betapa indahnya alam nusantara ini. Mulai dari dasar lautan hingga ke puncak gunung, Indonesia kaya dengan alam nusantara yang begitu mempesona. Lihat tulisan saya disini.

Save-Our-Earth-1Namun sayang, hampir di semua tempat yang saya kunjungi tak luput dari pencemaran dan kerusakan lingkungan. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata, sangat amat sering secara sadar ataupun tidak membuang sampah sembarangan. Mulai dari botol minuman, kemasan makanan, bungkus rokok, putung rokok, dan beragam sampah anorganik dan berbahaya buat lingkungan. Belum lagi ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan Vandalisme.

Entah mereka sadar atau tidak, apa yang telah mereka lakukan itu memberikan konstribusi terhadap rusaknya alam nusantara. Perbuatan yang memang terbilang kecil, namun jika dilakukan oleh banyak orang maka akan menghasilkan efek yang besar. Sampah yang dibuang oleh satu orang, jika diakumulasikan oleh ribuan bahkan jutaan orang maka akan menghasilkan tumpukan bahkan gunungan sampah. Lihatlah contohnya pasca acara-acara pesta rakyat seperti tahun baru.

Save-Our-Earth-2Sepertinya saya terdengar naïf, saya akui jika saya juga melakukan hal yang sama dalam kehidupan sehari-hari. Saya menggunakan banyak produk kimia. Saya juga menggunakan kertas dan tisu. Saya juga menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan pencemaran udara dan lingkungan.

Namun kita bisa melakukan sesuatu. Kita bisa meminimalisir pencemaran dan kerusakan lingkungan. Sebagai contoh yang paling mudah, “Bawahlah Pulang Sampah Milik Anda, Jangan Ditinggalkan di Lokasi Wisata. Meskipun Disana Terdapat Tempat Sampah Sekalipun.” Kenapa saya menyarankan untuk membawa pulang sampah pribadi kita? Karena tempat sampah yang ada belum tentu cukup untuk menampung semua sampah milik wisatawan. Selain itu kita tidak tahu apakah ada petugas yang akan membersihkan tempat sampah tersebut.

Ayo Mulai Dari Hal Kecil Untuk Berkontribusi Menjaga Lingkungan!!!

Jika Bukan Kita, Maka Siapa Lagi!!!

Gulfa

2 responses to “Hey Kamu, Bawalah Sampahmu Pulang!!!

  1. mungkin lebih baik dimulai dari diri sendiri dulu bos…dengan kengeyelan sendiri membuang sampah pada tempatnya-lebih2 ketika sikon sulit menemukan tempat sampah-hal itu bisa mengetuk hati orang2 di sekitar kita.

    http://mumet-ndhase.com/

  2. Setuju mas, kita mesti bertanggung jawab pada apa yang kita hasilkan jangan buang sembarangan. Alam hany menerima apa yang alami saja. Makasih udah di Share..salam kenal.

Ayo Berikan Komentar Terbaik Anda Untuk Artikel Yang Saya Buat Ini!!!

